Cara Membuat Jus Alpukat

Jus merupakan salah satu minuman yang disukai berbagai kalangan. Jus dapat menemani saat santai maupun saat menyantap makanan. Tidak hanya buah-buahan, sayuran pun dapat menjadi bahan dasar jus. Selain rasanya yang enak, jus dengan aneka buah atau sayur tentu menyehatkan bagi tubuh karena kandungan vitamin dan gizi yang terdapat dalam buah dan sayur. Salah satu jus yang banyak digemari masyarakat adalah jus alpukat. Anda tentu banyak menemukan penjual jus buah dan alpukat dengan rasa yang berbeda-beda meskipun dengan bahan dasar yang sama.avocad

Sejarah Alpukat

Nama apokat atau avokad (dari bahasa Inggris, avocado) berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl (dibaca kira-kira “awakatl”). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Karena itu, buah ini pada awalnya dikenal di daerah tersebut.

Pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut sekitar awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Orang pertama yang memperkenalkan buah apokat kepada penduduk Eropa yaitu Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol. Dia memperkenalkan buah ini pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan kakao, jagung, dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah apokat mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.

Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Jus alpukat yang dijual ditoko terdekat biasanya tidak tumpah karena kualitasnya terjamin oleh mesin cup sealer yang berkualitas

Cara Membuat Jus Alpukat:

  • 2 buah alpukat yang telah matang
  • 5 sendok makan gula pasir
  • Air matang secukupnya
  • Susu kental manis putih secukupnya atau sesuai selera
  • Susu kental manis coklat secukupnya atau sesuai selera
  • Es batu secukupnya

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Siapkan blender, lalu isi blender tersebut dengan daging buah alpukat yang telah dikerok.
  2. Tambahkan air, gula pasir, dan susu kental manis ke dalam blender berisi daging alpukat.
  3. Kemudian blenderlah buah alpukat hingga halus
  4. Jangan lupa siapkan gelas untuk alpukat yang telah diblender
  5. Masukkan susu kental manis coklat ke dalam gelas tersebut secara abstrak atau sembarangan, biasanya dikucuri pada pinggiran gelas.
  6. Oh ya, es batu dapat anda blender bersama alpukat atau sesuai keinginan anda.
  7. Tuangkan alpukat yang telah di blender ke dalam gelas. Jika es batu tidak di blender bersama alpukat, anda dapat memasukkannya ke dalam gelas berisi alpukat.
  8. Alpukat siap disajikan.

Jika ingin jus alpukat tetap dalam kualitas terbaiknya sebaiknya dikemas dengan mesin cup sealer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s